Beberapa Cerita Legenda Tentang Gunung Geulis

Gunung Geulis merupakan sebuah gunung kecil yang berada di wilayah barat Kabupaten Sumedang. Tepatnya berlokasi di tapal batas tiga kecamatan yaitu Kecamatan Jatinangor, Kecamatan Cimanggung dan Kecamatan Tanjungsari. 

Dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi, Gunung Geulis tidak terlalu terkenal bagi orang di luar sekitar Gunung Geulis. Sehingga yang mendakinya pun biasanya terbatas bagi orang sekitar saja seperti orang Jatinangor atau Tanjungsari saja. 

Walau tidak terlalu tinggi, dari puncak Gunung Geulis bisa melihat indahnya pemandangan alam seperti di saat matahari terbit di ufuk timur atau ketika matahari tenggelam di arah barat. 

Pemandangan alam di bawah Gunung Geulis, hamparan pesawahan bercampur dengan pemukiman dan jalan-jalan. Wilayah Jatinangor juga terlihat jelas dari puncak Gunung Geulis.

Gunung ini memiliki puncak dengan ketinggian sekitar 1.281 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di puncak Gunung Geulis terdapat lahan yang datar dan cukup luas. Terdapat dua buah pohon beringin besar. 

Di puncak gunung juga terdapat beberapa makam yang dinaungi oleh saung-saung atau bangunan. Salah satu bangunan dan makam berada di bawah pohon besar yang menjadi ciri khas Gunung Geulis.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Ilene

    Mar 05, 2024 16:53

    Wow, this paragraрh is fastidious, my sister is analyzing these things, tһᥙs I am going to convey her.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828