Bedah Buku Oto Iskandar di Nata di Sawala

Ragam kegiatan di Sawala tentunya kerap kali dilakukan dengan berbagai kegiatan yang tentunya penuh dengan edukasi, perihal bedah buku sudah beberapa kali dilakukan, nah pada awal tahun ini ada bedah buku menarik nih di Sawala Space yang bekerjasama dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat Sumedang, yaitu Bedah Buku Oto Iskandar Di Nata bersama penulisnya langsung Iip D Yahya.

Kegiatan Bedah Buku Oto Iskandar Di Nata yang diselenggarakan di Sawala Space & Cafe pada hari Jumat, 06 Januari 2023 yang berlangsung sore berjalan khidmat. Tentunya penulis Iip D Yahya sebagai narasumber didampingi oleh pembedah yaitu Naufal dari pengurus Forum TBM Sumedang dan moderator Enjang Herawan sekretaris Forum TBM Sumedang.

Pembuka kegiatan, dengan bacaan puisi Ziarah dari salah satu buku Oto Iskandar Di Nata yang dibacakan oleh Khofifah dari pengurus Forum TBM. Selanjutnya ada penayangan video tentang buku Oto Iskandar Di Nata dan lanjut sesi bedah buku hingga diskusi. Peserta yang hadir pun dari pegiat literasi, TBM dan mahasiswa.

Dalam acara diskusi buku, penulis menekankan tentang kecenderungan kita untuk membicarakan kematian Oto saja. Padahal ada yang lebih penting untuk kita ketahui yaitu bagaimana hidupnya, jasanya, pemikirannya, pergerakannya dan kiprahnya untuk masyarakatnya. Yang disampaikan oleh Iip memang sangat relevan dengan kebanyakan orang disekitar kita. Kita lebih seru dan antusias dalam membicarakan hal-hal kontroversial ketimbang mengambil pelajaran, pengetahuan dan melanjutkan kegiatan-kegiatan positif.

Lebih menarik lagi, dalam kegiatan bedah buku ini, tidak hanya satu buku yang dibahas, tetapi dua buku karya Iip D Yahya sekaligus dibahas masih sama tentang Oto Iskandar Di Nata The Untold Story dan Oto Iskandar Di Nata Perintis Tentara Republik Indonesia. Keren banget kan kegiatannya.

Cerita-cerita dalam bukunya, bukan hanya menyuguhkan fakta-fakta dan data-data, akan tetapi menggiring kita untuk masuk larut dalam kisah-kisah perjuangan Oto. Sebuah cara papar yang memikat pembaca untuk menikmati pengetahuan sejarah. Dilengkapi catatan kaki untuk menginformasikan hal-hal lain yang penting dan meguatkan data-datanya. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828