Gembrong Liwet Sambut Bulan Suci Ramadan Digelar Kembali

Desa Citali yang terletak di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, memiliki tradisi Gembrong Liwet yang digelar untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Tradisi tersebut menjadi kesempatan bagi warga setempat untuk mempererat tali silaturahmi.

Pada tahun ini, gembrong liwet menginjak yang ke-8. Berarti telah delapan tahun tradisi gembrong liwet bergulir setiap akan menghadapi Bulan Ramadan. Tradisi gembrong liwet kembali digelar oleh warga Desa Citali, di Lapang Sepak Bola Cikubang Desa Citali Kecamatan Pamulihan pada hari Minggu, 19 Maret 2023.

Wah seru yah wargi Sumedang, kalau di tempat kalian ngadain kegiatan apa nih? Nah, gembrong liwet  merupakan tradisi masyarakat di Dusun Cikubang Desa Citali Kecamatan Pamulihan, yaitu sebuah kegiatan menanak nasi liwet dan memakan nasi liwet bersama dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan atau biasa disebut dengan munggahan, sebagai wujud rasa bersyukur dan ekspresi kegembiraan datangnya bulan suci Ramadhan.

Acara tersebut digelar terbuka, di mana warga secara bersamaan memasak nasi liwet lengkap dengan lauknya. Nasi liwet adalah nasi yang ditanak menggunakan wajan alumium berupa kastrol. 

Sebagai bumbu untuk nasi tersebut, umumnya dicampurkan bersama berasnya daun salam, serai, dan sedikit penyedap. Nasi liwet ditanak di atas tungku. Lauknya beragam. Ada ikan asin goreng, ayam goreng, ikan goreng, sambal, lalapan, dan masakan khas Sunda lainnya, terutama jengkol goreng dan karedok ranti. 

Ratusan warga terbagi dalam kelompok-kelompok kecil. Mereka memasak liwet sebaik mungkin, serapi mungkin, dan hasilnya akan dinilai sebelum akhirnya dinikmati bersama-sama.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828