Ini Makanan Penurun Kolesterol Setelah Banyak Makan Daging

Wargi Sumedang masih banyak daging kurban? Sajian daging kurban menjadi hal yang dinanti-nanti pada momen Idul Adha. Hati-hati loh, terlalu banyak asupan daging merah bisa meningkatkan kadar kolesterol juga. Tapi tenang nih, kabar baiknya, kadar kolesterol yang tinggi bisa diatasi dengan asupan makanan. Ada beberapa makanan penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi.

Tentunya di Indonesia, jenis hewan kurban yang paling umum yaitu, sapi dan kambing. Daging yang berasal dari kedua hewan tersebut dikenal tinggi lemak dan bisa meningkatkan kadar kolesterol jika dikonsumsi berlebih.

Nah untuk itu, penting rasanya bagi wargi untuk mengimbangi asupan daging-daging kurban dengan beberapa makanan penurun kolesterol, mimin kasih rekomendasi yah.

1. Sayuran hijau
Ada pula jenis sayuran penurun kolesterol yang dapat Anda konsumsi yaitu sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung. Sayuran hijau memiliki antioksidan yang mampu mengikat asam empedu yang berasal dari kolesterol, sehingga akumulasi kolesterol dalam darah dapat dikurangi. Tidak hanya membantu menurunkan kolesterol, sayuran hijau juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung apabila dikonsumsi secara rutin.

2. Gandum
Gandum kaya akan serat larut yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat akan menempel pada kolesterol dan membuangnya dari tubuh. Wargi bisa mengonsumsi oatmeal dan berbagai sereal lain berbahan dasar gandum. Dapatkan setidaknya 5-10 gram serat larut setiap hari untuk mengatasi tingginya kadar kolesterol.

3. Beras Merah
Beras merah termasuk ke dalam makanan penurun kolesterol karena mengandung vitamin B, magnesium, selenium, dan fitonutrien yang mampu menurunkan kadar lemak dalam darah. Di samping itu, tingginya kandungan serat pada beras merah juga dapat mengontrol gula darah dalam tubuh agar tetap normal.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828