Ini Perbedaan Tornado dan Angin Puting Beliung

Masih bisa dibilang awal tahun 2024, Sumedang ada beberapa kejadian bencana alam, dari mulai gempa, banjir, dan angin ekstrim. Semoga wargi Sumedang dan sekitarnya semua baik-baik saja yah. 

Fenomena alam ekstrem tersebut disebut tornado yang terjadi di Sumedang dan Bandung, sekitar Jatinangor, Cimanggung dan Rancaekek pada hari Rabu 21 Februari 2024.

Mendengar istilah tornado mungkin hal yang pertama di Indonesia, hal tersbut dikatakan oleh Peneliti Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Erma Yulihastin menyebut angin kencang tersebut sebagai tornado yang pertama kali di Indonesia.

Fenomena tornado tersebut di Indonesia terbilang langka. Pasalnya, dengan wilayah geografis di ekuator, hampir tak ada kemungkinan tornado terjadi di Tanah Air.

"Kronologi foto-foto dan video dari masyarakat dan media sangat membantu periset dalam mendokumentasikan extreme event yang tercatat sebagai tornado pertama ini," kata Erma Yulihastin dalam akun X @EYulihastin, Rabu malam, 21 Februari 2024. Di Indonesia, istilah puting beliung kerap digunakan untuk menyebut pusaran angin yang kencang di daerah tertentu. 

Akan tetapi, menurut Kepala Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani mengungkapkan, terkait dengan penggunaan istilah puting beliung dan tornado, ada sejumlah perbedaan. Istilah tornado itu biasa dipakai di wilayah Amerika dan ketika intensitasnya meningkat lebih dahsyat dengan kecepatan angin hingga ratusan km/jam dengan dimensi yang sangat besar hingga puluhan kilometer maka dapat menimbulkan kerusakan yang luar biasa.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Sherlyn

    Mar 22, 2024 12:29

    Exceptional post bսt I was wanting to know if you could wrіte a litte more on this subјect? I'd be very grateful if you cοuld elaborate a little bit more. Kudos!

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828