Ini Ragam Tradisi Malam Nisfu Sya'ban di Indonesia

Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan penduduk Islam terbesar di seluruh dunia, memiliki berbagai tradisi keagamaan, salah satunya tradisi dalam merayakan malam Nisfu Sya'ban. 

Malam Nisfu Sya'ban adalah malam malam mulia bagi umat Islam, malam tersebut dipercaya menjadi waktu amalan manusia dilaporkan kepada Allah SWT.

Tahun ini, malam Nisfu Sya'ban jatuh pada pertengahan bulan Sya'ban menurut kalender Hijriah, tepatnya dimulai pada Sabtu 24 Februari 2024, malam.

Beragam tradisi itu tidak hanya bernilai religius, namun juga mempererat tali persaudaraan sesama muslim. Untuk mengetahui beberapa tradisi lainnya di Indonesia, berikut rangkumkan tradisi menyambut malam Nisfu Sya'ban di beberapa wilayah Indonesia.

1. Tradisi Ruwahan

Menyambut Nisfu Sya'ban dengan ritual Ruwahan sudah mentradisi di kalangan masyarakat di Pulau Jawa baik suku Jawa, Betawi maupun Sunda. Ruwahan dilakukan dengan mengundang anggota keluarga besar atau masyarakat setempat untuk berkumpul, berdoa bersama untuk kerabat atau keluarga yang telah meninggal.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Desmond

    Mar 10, 2024 23:15

    After looking over a few of the blog posts on your site, I seriously appreciate your way of writing a blog. I added it to my bookmark website list and will be checking back in the near future. Please check out my web site as well and tell me your opin

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828