Italy of the East (1): Dalam Sebuah Buku Het Paradijs van Java

Selain julukan Kota Tahu, Sumedang diperkenalkan juga  sebagai “Italy of the East” (Italia dari Timur) pada masa itu, atau dalam bahasa Belanda "Italie het van Oosten".

Tentunya wargi Sumedang, sudah tahu dong sebuah buku berjudul Het Paradijs van Java? Sebuah buku kumpulan foto karya Wijnand Kerkhof, yang artinya Surga dari Tanah Jawa.

Dengan terbitnya buku tersebut, Kerkhoff berharap kota yang telah mengilhaminya banyak sekali keindahan itu bisa lebih dikenal luas oleh para wisatawan. Sumedang yang dianggap masih ‘asli’ dan ‘misterius’ membuat kawasan ini punya daya tariknya sendiri. 

Nah, untuk kata “Italy of the East” tersebut pertama kali dipopularkan ke hadapan publik oleh Johan Koning dalam kata pengantar buku Het Paradijs van Java (1939) karya Wijnand Kerkhoff. Dalam buku tersebut, Koning menulis:

“Di bagian Priangan paling timur, ada sebuah tempat yang dikenal oleh turis dunia sebagai ‘Italy of the East’. Dan tempat itu adalah Soemedang. Di tempat inilah keindahan alam berkuasa. Tak cuma itu, masih banyak hal lain yang bisa dinikmati di sini."

Buku Het Paradijs van Java memang dimaksudkan untuk mempromosikan pariwisata Sumedang kepada turis internasional. Wajar saja bila di bawah judul utama buku tersebut, dibuat transliterasi ke dalam berbagai bahasa untuk memudahkan turis yang tak mengerti bahasa Belanda, seperti:

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Gabrielle

    Sep 26, 2022 14:22

    Іt's veгy trouble-free to find out any topic on net as compared to books, as I found this post at this site.

  • John Doe

    Britney

    Sep 30, 2022 14:38

    Јust want to say your article is as astonishing. The cⅼearness for your publish is simply spectacular and i can suppose you are knowledgeable on this subject. Fine toɡether with ʏour permission allow me to grab your RSS feed to keеp up to date with

  • John Doe

    Paula

    Oct 03, 2022 09:09

    Thiѕ is a topic that is close to my heart... Best wishes! Where are your c᧐ntact details though?

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828