Italy of the East (2): Sebuah Ungkapan Takjub dari Charles Walter Kinloch Melihat Indahnya Sumedang

Jika saja keindahaan alam yang luar biasa ini dijadikan judul suatu ungkapan, maka bolehlah kita mengatakan tempat yang mempesona ini seperti apa yang dikatakan penyair tentang Naples: “Un pezzo di cielo caduto in terra”

Sebuah ungkapan dari pelancong Inggris yakni, Charles Walter Kinloch saat mengagumi keindahan Sumedang tempo dulu, ketika ia tiba di Sumedang. Dalam bukunya Rambles in Java and the Straits in, 1852, 1853.

Un pezzo di cielo caduto in terra artinya sepotong surga yang jatuh ke bumi. Ia hanya teringat pada sebait puisi tersebut yang pernah diutarakan seorang penyair saat hendak memuji keindahan Naples, salah satu kota di Italia. Begitu sangat sulit bagi Kinloch memilih kalimat yang tepat untuk mengungkapkan keindahan tempat yang baru saja ditemuinya itu, yakni Sumedang. 

Masih melanjutkan Italy of the East atau dalam bahasa Belanda, Italie het van Oosten. Jika tulisan yang pertama membahas dalam buku Het Paradijs van Java, dalam sebuah kata pengantarnya yang ditulis oleh Johan Koning, hingga populernya julukan Italy of the East.

Kesan keindahan Italia sebagai sandingan atas alam Sumedang waktu itu tentu tidak muncul begitu saja loh wargi Sumedang. Kisah di balik tercetuskan julukan Italy of the East, wargi bisa menelusurinya lewat catatan perjalanan Charles Walter Kinloch atau Bengal Civillian dalam bukunya Rambles in Java and the Straits in.

Buku tersebut menceritakan keberangkatan Penulis dari Kalkuta menuju ke Penang, Singapura, dan mampir juga ke Jawa tahun 1852. Memang Kinloch menulis buku catatan perjalanan ini bukan untuk tujuan publikasi, namun sekedar untuk kesenangan pribadi mengisi waktu luang di sela-sela waktu melancongnya.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Alonzo

    Jun 18, 2023 19:10

    Admiring the timе and energy yօu pսt into үour ԝebsite and in dеpth informatiоn you offer. It's awesome to come aсross a blog every once in а while that isn't the same outdɑted rehashed material. Wonderful read! I've saved your site and I'm includi

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828