Kesenian Tarawangsa (5): Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Dalam Upacara Adat Ngalaksa

Melanjutkan tulisan tentang Upacara Adat Ngalaksa di Kecamatan Rancakalong, ada beberapa hal nih, dalam melakukan upacara adat Ngalaksa yang harus wargi Sumedang ketahui:

1. Persiapan Upacara Adat Ngalaksa

Rangkaian kegiatan Upacara Adat Ngalaksa diawali dari persiapan sampai selesainya, terdiri dari beberapa tahap kegiatan, adapun tahapannya adalah sebagai berikut :

a. Bewara

Setelah diadakan musyawarah para sesepuh untuk penentuan tanggal pelaksanaan Ngalaksa, maka hasilnya disampaikan kepada seluruh warga masyarakat adat, atau dengan kata lain Bewara adalah menginformasikan waktu pelaksanaan Ngalaksa kepada seluruh warga masyarakat, Rurukan pendukung termasuk unsur pemerintah. 

Sebagai media untuk penyampaian informasi tersebut pada awalnya adalah melalui penyampaian berita dari mulut ke mulut namun pada era sekarang untuk penyebarluasan informasi bisa melalui alat pengeras di media umum sepeti masjid, surat menyurat dan telepon.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Lyndon

    Jun 16, 2022 02:20

    We are ɑ group of volunteers and ѕtarting a new scheme in our community. Your web site ߋffereԀ us with valᥙable information to work on. You've done an impressive job and ouг whoⅼe community will be grateful to you.

  • John Doe

    Christen

    Jun 20, 2022 15:52

    Hellߋ There. I found your ƅlog uѕing msn. This is a very well wгitten article. I'll make sure to bookmark it and come back to read more of your useful info. Thanks for the post. I'll certainly return.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828