Lirik dan Makna Lagu Daerah "Sabilulungan"

Lagu daerah merupakan lagu dari suatu wilayah yang diciptakan berdasarkan budaya atau adat istiadat daerah, kebanyakan lagu daerah memiliki makna berupa pesan untuk masyarakat, atau juga menceritakan tentang kondisi masyarakat setempat.

Wargi Sumedang tentunya tidak asing lagi dong dengan lagu daerah yang satu ini, lagu Sabilulungan. Apalagi sekarang di Sumedang para ASN kerap mendengar lagu tersebut, yang terus dibunyikan oleh Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman.

Mengutip dari sumedangkab.go.id, Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman yang menjadi pembina upacara mengatakan, ASN harus ‘sabilulungan’ bahu membahu untuk mencapai target, dalam mengejar program pokok terkait penurunan angka stunting kemiskinan dan pengangguran dengan ultimate goalsnya yaitu kesejahteraan masyarakat. "Kami harus membangun kekompakan sareundeuk saigel, sabobot, sapihanean. Dengan membangun berbasis gotong royong semua bisa diselesaikan,"ujarnya. 11/12/2023.

Untuk wargi Sumedang yang penasaran tentang lagu Sabilulungan tersebut, mimin kasih tahu nih dari berbagai sumber, serta makna di balik lagu Sabilulungan.

Lagu yang berbahasa Sunda tersebut diciptakan oleh Koko Koswara yang lebih sering dikenal dengan nama Mang Koko. Melalui Sabilulungan, beliau ingin mengajak siapa pun untuk menjaga persatuan. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Sabilulungan berarti kebersamaan. Suatu hal yang perlu dijaga oleh semua orang demi kerukunan bersama. 

Hal tersebut sejalan dengan cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam sila ketiga Pancasila yakni Persatuan Indonesia. Sila yang berlambang pohon beringin tersebut memiliki nilai yang salah satunya adalah menjaga kerukunan (persatuan dan kesatuan). Lagu Sabilulungan juga mengajak untuk siap sedia membasmi perselisihan yang bisa menimbulkan perpecahan. Keberagaman yang ada di Indonesia merupakan sebuah hal yang harus dibanggakan dan bukan untuk dipertentangkan.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828