Makam Ibunda Bung Hatta di Komplek Pemakam Gunung Puyuh

Wargi Sumedang tentunya sudah pada tahu dong, proklamator negeri ini, beliau adalah wakil Presiden Rebupblik Indonesia yang pertama, salah satu pahlawan besar negeri ini, beliau adalah Mohammad Hatta.

Perlu wargi Sumedang tahu, tokoh besar tersebut tentunya keluar dari rahim Ibunda yang berperan penting juga untuk bangsa ini. Ibunda Mohammad Hatta bernama Sitti Saleha, beliau dimakamkan di Sumedang.

Ada sebuah makam berwarna perak di Komplek Pemakaman Gunung Puyuh, Kabupaten Sumedang. Di atas nisannya tertulis nama, Sitti Saleha wafat 13 April 1959 dalam usia 78 tahun. Komplek Pemakaman Gunung Puyuh merupakan salah satu komplek pemakaman bagi keturunan Sumedang Larang. Di sana terdapat sejumlah makam tokoh penting Sumedang bahkan tokoh nasional, yakni Cut Nyak Dien.

Jasa almarhumah terhadap bangsa Indonesia kiranya patut diingat. Dari rahim dan didikannyalah bangsa Indonesia memiliki seorang pahlawan yang berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari belenggu penjajah.

Bahkan Bung Karno pun, sangat menghormati sosok Hatta. Itu tercermin saat Soekarno yang menolak membacakan teks Proklamasi pada 1945 silam jika tidak ada sosok Hatta di sampingnya.

Seperti para ibu lainnya yang telah melahirkan para pahlawan yang berjasa bagi tanah air, penulis pun cukup sulit mencari catatan biografi atau kesejarahan terkait sosok Sitti Saleha ini.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Josephine

    Feb 12, 2024 10:28

    Hi there to every one, since I am actually keen of reading this weblog's post to be updated daily. It includes nice data.

  • John Doe

    Fredric

    Feb 15, 2024 12:46

    I always used to read post in news papers but now as I am a user of internet therefore from now I am using net for posts, thanks to web.

  • John Doe

    Maya

    Mar 29, 2024 03:59

    A Retrospective: How People Talked About English Pornstars 20 Years Ago English pornstars

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828