Mengenal Kesenian Tradisional Tutunggulan

Kesenian Tutunggulan merupakan kesenian buhun tradisional dari Jawa Barat dimana alat musik utama yang hanya menggunakan alu dan lesung. Seni buhun Tutunggulan ini berawal dari tradisi yang berkembang di daerah agraris khususnya di Jawa Barat. 

Tutunggulan adalah suatu kesenian tradisional khas Sunda, Tutunggulan adalah bunyi-bunyian yang ditimbulkan oleh benturan selang alu dan lesung. Tutunggulan sering terdengar pada saat-saat tertentu, seperti pada saat penyimpanan padi ke lumbung. Terkadang, tutunggulan sengaja dibunyikan dengan keras supaya bisa terdengar dari jarak yang cukup jauh. 

Beberapa jenis bunyi yang dihasilkan dari kesenian ini adalah: “trok”, “tung”, “dung”, dan “prek”. Bunyi “trok” dihasilkan dari pukulan selang alu dan anggota samping sebelah luar pamoroyan. Bunyi “tung” dihasilkan dari pukulan selang alu dan anggota samping sebelah dalam pamoroyan. Bunyi “dung” dihasilkan dari pukulan selang alu dan anggota dalam pamoroyan. Dan, “prek” dihasilkan dari benturan antaralu dalam letak silang.

Biasanya di Sumedang juga masih suka ditemui dalam gelaran-gelaran kesenian, atau upacara adat seperti kegiatan ngalaksa di Rancakalong, dan beberapa kecamatan lainnya yang masih melaksanakan kesenian tersebut. Wah, makin tahu Indonesia yah.

Peralatan musik yang dipergunakan dalam kesenian ini tidak jumlah. Cukup dengan menggunakan peralatan sederhana, yaitu: lisung (lesung), halu (alu), dan niru (tampi). Lesung yang terdapat di kalangan warga Warungkondang sedikit khas dan unik sebab masing-masing anggotanya mempunyai fungsi tersendiri. 

Bagian-bagian itu adalah: panyongsong (lubang kecil yang berada di anggota ekor lesung), pamebeukan (lubang kecil yang berada di anggota kepala lesung), pamoroyan (lubang yang terdapat pada badan lesung), dan hulu lesung (kepala lesung). 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Sara

    Jun 20, 2023 09:08

    Ԝe are a bunch of volunteers and starting a Ƅrand neѡ scheme in our community. Your web site offered us wіth usеful information to work on. Yoᥙ've performed an imρгessive task and our whoⅼe neighborhood might be gгɑteful tо you.

  • John Doe

    Lanora

    Mar 18, 2024 11:07

    Do you have a spam problem on this blog; I lso am a blogger, and I was wondering your situation; we hqve created somee nice methods and we are looking to swap strategijes with other folks, why not shoot me an email iif interested.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828