New York Punya Patung Liberty, Kini Sumedang Punya Menara Kujang Sapasang

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memang menjadi arsitek yang menggambar Menara Kujang Sapasang dan Masjid Al Kamil yang juga ada dalam kawasan tersebut. Pondasi yang dipakai pada pembangunan monumen ini diklaim mirip dengan pondasi Patung Liberty di Amerika Serikat.

Hadirnya menara kujang sapasang diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisata ke Kabupaten Sumedang dan ditargetkan akan rampung pada pertengahan tahun 2023. Tentunya wargi Sumedang sudah pada gak sabar dong!

Keunikan gaya bangunan sudah terlihat dari Masjid Al Kamil yang berada di pinggir Bendungan Jatigede ini. Bentuknya yang seperti teratai ini, nantinya dilengkapi jembatan sepanjang sekitar 99 meter yang menghubungkan langsung dengan Menara Kujang Sapasang.

Tentunya ada beberapa makna filosofis dari kegagahan menara tersebut, dari beberapa sumber Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, Masjid Al Kamil dan Menara Kujang Sapasang memang menjadi simbol dan representasi dalam pembangunan Kabupaten Sumedang.

Bupati menjelaskan, Masjid Al Kamil yang berbentuk bunga teratai ini menjadi representasi dalam membangun Sumedang membutuhkan prinsip ketuhanan yang kuat sehingga segala kebijakan akan berbasiskan nilai keagamaan.

Sedangkan, Menara Kujang Sapasang yang dibangun dengan ketinggian 99 meter ini, menjadi representasi bagaimana Sumedang ini memiliki kebudayaan yang kuat sehingga ini juga menjadi kekuatan. Masjid tersebut mengikat kita dengan yang di atas, Kujang Sapasang tersebut mengikat kita membumi.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Lawerence

    Nov 11, 2023 09:30

    Hօwdy I am so excited I foսnd your web site, I really found you by accident, while I was researching on Google for ѕomething else, Anyhow I am here now and would just like to say cheerѕ for a incrediƅle post and a all round entertaining blog (Ӏ also

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828