Peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1)

Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) sukses diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, pada Senin (19/6/2023) Pukul 18.21 waktu Florida atau Pukul 05.21 WIB. Peluncuran itu sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sebelumnya, tampak cuaca cerah terpantau di lokasi peluncuran.

Satria diluncurkan untuk meningkatkan jangkauan layanan internet pemerintah di daerah tertinggal, terpencil, dan terluar. Adapun fokus layanannya di bidang pendidikan, kesehatan, pemerintah daerah, dan kepolisian.

Satelit ini merupakan satelit multifungsi pertama milik pemerintah dengan kapasitas terbesar di Asia. Harapannya, peluncuran Satria-1 berhasil, sehingga bisa mendukung akselerasi transformasi digital nasional.

Pelaksana tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika Mahfud MD mengungkapkan, Satria-1 merupakan satelit internet pertama milik Indonesia yang diluncurkan dengan Roket Falcon 9 milik SpaceX.

"Fungsi Satria-1 adalah untuk meratakan akses internet, terutama untuk keperluan pendidikan, kesehatan, layanan publik, untuk masyarakat, TNI, Poldi di seluruh wilayah tanah air, khususnya di daerah tertinggal, terdepan dan terpencil (3T)," ungkapnya dalam keterangan resminya Senin (19/6).

Mahfud menambahkan, Satria-1 merupakan proyek strategis nasional untuk memberikan layanan publik di daerah 3T. "Terutama untuk sekolah, rumah sakit, kantor pemerintah di daerah 3T, pos Polri dan TNI di berbagai daerah terpencil, terluar dan tertinggal," jelasnya.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828