Perihal Prasasti yang Berada di Jalan Cadas Pangeran

Pada prasati tertulis, “Onder Leiding van Raden Demang Mangkoepradja en Onder Toezicht van Pangeran Koesoemadinata Aangelegt 1811 Doorgekapt 26 November tot Maart 1812 (Di bawah Pimpinan Raden Demang Mangkoepradja dan di bawah Penelitian Pangeran Koesoemadinata, dibuat pada tahun 1811, dibobok dari tanggal 26 November sampai 12 Maret 1812).”

Jika wargi melintas Jalan Cadas Pangeran ke atas, maka akan menemukan prasasti yang menempel pada tebing di pinggir jalan. Kali ini, mimin tidak akan membahas mengenai sejarah Jalan Cadas Pangeran, apalagi tentang ular kuning yang sempat ramai. Hehe.

Berkaitan dengan sebuah prasasti yang berada di jalan Cadas Pangeran tersebut, ada kaitan erat dengan sebuah patung yang sedang berjabat tangan yang disebutkan bahwa itu Kusumadinata IX atau Pangeran Kornel dan Deandels oleh masyarakat luas. Akan tetapi, benarkah pertemuan tersebut?

Namun terlepas dari benar atau tidaknya peristiwa Cadas Pangeran itu, ada satu hal yang patut dicontoh. Semangat perlawanan rakyat Sumedang dan keberanian Pangeran Kornel sebagai representasi pemimpin menentang kebijakan kolonial sebagaimana tercermin dalam kisah Cadas Pangeran seharusnya menjadi contoh bagi para pemimpin sekarang untuk lebih berpihak pada kepentingan rakyat banyak.

Menurut Prof. Djoko Marihandono, sejarawan pengajar Sastra Perancis Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, menelusuri data atau sumber historis terkait peristiwa pertemuan Daendels dan Kusumadinata IX di Ciherang. 

Penelusurannya meliputi koleksi Arsip Nasional RI dan arsip dari Centre d`accueil et de recherche des archieves nationales (CARAN) di Rue des Ecoles, Paris, Perancis, untuk penggarapan disertasi berjudul “Setralisme Kekuasaan Pemerintah Daendels di Jawa 1808-1811 : Penerapan Instruksi Napoleon Bonaparte”.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Joyce

    May 10, 2023 00:16

    Remarkable! Its really awesοme post, I have got much cⅼear idea about from this paragraph.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828