Pertama di Indonesia, Terowongan Kembar di Tol Cisumdawu

Siapa di sini wargi Sumedang yang sudah menjajal Tol Cisumdawu dan melintas terowongan kembar (twin tunnel) yang berada di seksi II ruas Rancakalong -- Sumedang?

Nah, Jalan Tol Cisumdawu memiliki daya tarik yang unik karena mempunyai terowongan kembar pertama di Indonesia. Dinukil dari presidenri.go.id dalam kesempatan tersebut, Presiden turut mengapresiasi konstruksi Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 kilometer dan menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun tersebut. Jalan Tol Cisumdawu diketahui memiliki terowongan kembar (twin tunnel) sepanjang 472 meter.

“Ini di seluruh Indonesia tidak ada jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat pada pagi hari ini,” ucap Presiden saat meresmikan Tol Cisumdawu 11 Juli 2023.

Dalam pembuatan terowongan tersebut menggunakan teknologi New Austrian Tunneling Methods (NATM). Perihal tersebut menjadi iconic dari Tol Cisumdawu terowongan kembar dengan memiliki panjang 427 M dan lebar mencapai 14 meter.

Terowongan kembar tersebut membelah bukit di kawasan dataran tinggi, terowongan tersebut terdapat dua jalur yaitu menuju Bandung dan menuju Sumedang dengan tulisan "Cisumdawu Twin Tunnel" di atas terowongan dan hamparan hijau menjadi pemandangan yang indah dan segar ketika melewati jalan Tol Cisumdawu.

Terowongan Jalan Tol Cisumdawu pun sudah dilengkapi berbagai fasilitas keamanan seperti lampu darurat, jalur evakuasi, lampu darurat dan sistem pemadam kebakaran untuk keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828