Petani di Cimanintin Kembangkan Produksi Jagung

Wilayah Desa Cimanintin, Kecamatan Jatinunggal sangat potensial untuk penanaman komoditas jagung. Selain memiliki lahan yang luas, para petani setempat juga terbiasa menanam jagung selain menanam padi.

Nah, petani di Desa Cimanintin, berupaya melakukan ekstensifikasi budidaya tanaman jagung. Salah satunya dengan memperluas areal lahan untuk menanam jagung. Dari luas wilayah desa yang mencapai 586 hektar, sekarang sekitar 120 hektare lebih digunakan petani untuk menanam jagung. Terutama lahan di Dusun Cipeuteuy. 

"Kami ingin wilayah kami jadi sentra produksi jagung di Kecamatan Jatinunggal. Dan saat ini mulai terlihat pengembangan budidaya jagung ini. Karena setiap petani, terutama di Dusun Cipeuteuy telah menanam jagung sejak dulu," kata Ketua Kelompok Tani Guna Makmur Desa Cimanintin, Tata Wardana,  Minggu, 29 Januari 2023.

Saat ini kelompok tani telah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan produksi komoditas jagung. Selain melakukan penambahan areal tanam, petani juga dibekali cara pengolahan dan pemasaran.

Produksi komoditas jagung di Cipeuteuy, Cimanintin naik signifikan setelah dilakukan langkah-langkah intensifikasi oleh kelompok tani. Petani di wilayahnya, kini bisa menghasilkan sekitar 28 ton jagung kering per musim. Jumlah ini dihasilkan oleh satu kelompok tani.

"Bahkan, kami beruntung mendapatkan bantuan bibit jagung sehingga mengurangi biaya modal petani, dan menjual jagung setelah dikeringkan. Karena permintaan pasarnya ya seperti itu," katanya lagi.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828