Puskesmas Sumedang Akan Sosialisasi Terhadap Nitrogen Cair Pada Makanan

Makanan yang dibekukan dengan nitrogen cair memang sempat dipandang kekinian di kalangan masyarakat. Sajian yang menggunakan teknik pembekuan ini biasanya memiliki jenis yang beragam seperti es krim atau pun camilan sereal.

Makanan tersebut terbilang unik karena dapat menimbulkan asap sebagai daya tarik visual. Menariknya, asap dingin pun akan keluar dari mulut saat kita mengonsumsi makanan ini. Meski demikian, makanan yang Instagramable ini cukup berbahaya saat dikonsumsi. Jadi wargi Sumedang hati-hati yah, dan ini penjelasan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Dadang Sulaeman meminta kepada segenap UPTD Puskesmas untuk memberikan edukasi kepada sekolah-sekolah, anak-anak dan masyarakat terhadap bahaya nitrogen cair pada pangan siap saji. Sosialisasi juga harus diberikan kepada restoran yang menggunakan nitrogen cair pada produk pangan siap saji.

Menurut Dadang, penggunaan nitrogen cair pada bahan pangan harus di bawah pembinaan dan pengawasan dari Dinas Kesehatan setempat dan pihak terkait.

"Puskesmas harus memberikan informasi cara konsumsi yang aman kepada konsumen, sampai kepada Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) selain restoran, seperti gerai pangan jajanan keliling tidak direkomendasikan menggunakan nitrogen cair pada produk pangan siap saji yang dijual, " kata Dadang, Senin, 16 Januari 2023.

Dadang mengingatkan jika terjadi keracunan pangan yang disebabkan penambahan nitrogen cair agar dilakukan investigasi oleh Tim Gerak Cepat (TGC) sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2 Tahun 2013 tentang Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan pangan. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828