Ramainya Kasus Kebocoran Data di Breached Forums

Belakangan ini begitu ramai pemberitaan mengenai tentang kebocoran data di Indonesia melalui situs jual beli data Breached Forums. Sudah ada empat kasus kebocoran data dari mulai bulan Agustus kemarin dan awal bulan September 2022.

Berikut daftar kasus kebocoran data di Indonesia sebulan terakhir: Kasus kebocoran 17 juta data pelanggan PLN yang ditemukan pada 19 Agustus 2022, Kasus kebocoran 26 juta data pelanggan Indihome yang ditemukan pada 21 Agustus 2022, Kasus kebocoran 1,3 miliar data kartu SIM yang ditemukan pada 1 September 2022, Kasus kebocoran 105 juta data KPU yang ditemukan pada 6 September 2022.

Adapun yang lebih menghebohkan yaitu Hacker Bjorka yang memberikan pesan kepada Kominfo di forum Breached.to. Pesan singkat tersebut sangat singkat tetapi, sangat menohok bagi Kominfo pada Selasa, 06 September 2022.

Dalam pesan berjudul "My Message to Indonesian Goverment" dari Bjorka menampilkan tangkapan layar dari media online Indonesia mengenai pernyataan Kominfo. Tangkapan Layar tersebut dibalas Bjorka My Message to Indonesian Goverment: "Stop being an idiot" dengan warna merah.

Pesan yang dituliskan Bjorka tersebut sebagai tanggapan atas respon pihak Kominfo terkait kebocoran 1,3 miliar data registrasi SIM Card. Hacker diminta untuk berhenti menyerang Indonesia, sebab perbuatannya itu merugikan masyarakat.

Melalui Breached Forums, hacker lantas membagikan berbagai data sensitif milik masyarakat Indonesia, seperti NIK, nomor telepon, alamat rumah, dan lainnya. Data itu tak sekadar dibagikan, namun juga diperjual-belikan dengan harga yang beragam.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828