Ren Xiaorong Pembawa Berita Cantik yang Bukan Manusia

Kemunculan pembawa berita perempuan yang berparas cantik di kantor berita pemerintah China People’s Daily yang bernama Ren Xiaorong tersebut menjadi perbincangan di media sosial.

Ren Xiaorong ternyata bukan manusia loh. Ia merupakan pembawa berita virtual bertenaga Artificial Intelligence (AI) atau berbasis kecerdasan buatan yang diklaim dapat mengabarkan liputan berita setiap hari dan setiap waktu.

Dalam sebuah video yang diterbitkan Minggu lalu oleh People's Daily, seorang wanita muda virtual bernama Ren Xiaorong memperkenalkan dirinya kepada dunia sebagai chatbot berbasis AI yang telah mempelajari keterampilan ribuan pembawa berita dan dapat terus berkembang berdasarkan umpan balik pemirsa.

Cantik dan berpakaian rapi, Ren jelas terlihat seperti pembawa berita yang menyenangkan. Bahkan, jika bukan karena sulih suara yang disintesis dan tidak selaras, Anda hampir tidak bisa mengatakan bahwa dia bukan orang sungguhan.

Dengan menggunakan aplikasi, siapa pun dapat mengajukan pertanyaan kepada pembawa berita tentang berbagai topik, termasuk pendidikan, pencegahan epidemi, perumahan, pekerjaan, perlindungan lingkungan, dan banyak lainnya. Kendati demikian, saat ini dia hanya dapat memberikan jawaban umum sesuai dengan retorika yang ditentukan Partai Komunis China.

“Halo, nama saya Ren Xiaorong. Saya adalah penyiar digital AI yang baru saja bergabung dengan People's Daily,” kata Ren dalam pidato daring pertamanya.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828