Sekilas Tentang Masa Pemerintahan Pangeran Rangga Gede

Wargi Sumedang tahu dong daerah Panday, di Kelurahan Regol Wetan Sumedang Selatan, nah di sana terdapat Makam leluhur Sumedang, yakni Pangeran Rangga Gede (Pangeran Kusumadinata IV). Kali ini mimin akan membahas mengenai Pangeran Rangga Gede menurut beberapa sumber.

Setelah membahas Pangeran Rangga Gempol I, akan mengurut kepada Pangeran Rangga Gede, karena pada masa itu, sejak keberangkatan Rangga Gempol ke Mataram. Kerajaan Sumedang yang terbelah dua waktu itu, berhasil disatukannya lagi. 

Namun ada lagi pertikaian baru dalam lingkungan keluarga, putera Dipati Rangga Gempol yang bernama Raden Kartajiwa (Suriadiwangsa II ) merasa kecewa tidak mendapatkan warisan kekuasaan dari ayahnya. Menurut anggapannya, ialah yang seharusnya menjadi bupati, yang terjadi malah diturunkan kepada Rangga Gede. 

Plang pada makam Pangeran Rangga Gede di Panday

Kendatipun perselisihan semakin meruncing, kalangan keluarga sebenarnya mengetahui bahwa sebenarnya Raden Suriadiwangsa II tidak mempunyai hak mewarisi kekuasaan dari Pangeran Geusan Ulun karena statusnya adalah anak tiri, dan ibunya pun adalah isteri selir. Diakui, yang sesungguhnya berhak adalah Pangeran Rangga Gede karena ia adalah anak kandung dari ibunya yang permaisuri. 

Diangkatnya Dipati Rangga Gempol Kusumadinata sebagai bupati, itu karena semata-mata atas kebaikan hati Pangeran Geusan Ulun yang memperlakukan Dipati Rangga Gempol Kusumadinata sebagai anak kandung. Begitu pun, Raden Suriadiwangsa II tetap tidak mau menerima kenyataan historis ini, bahkan dia pergi ke Banten untuk meminta bantuan kepada Sultan Banten untuk merebut kekuasaan dari Pangeran Rangga Gede. 

Banten menyambut baik permintaan Raden Suriadiwangsa II dan bersedia membantu. Tentunya harapan agar daerah-daerah yang dikuasai oleh Mataram di Jawa Barat dapat direbut kembali dan masuk ke Banten. Selain itu Banten juga berharap dapat merebut juga Sumedang setelah berhasil menaklukan Kerajaan Pajajaran. Waktu itu malahan Sumedang memerdekakan diri. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828