SMA Negeri Situraja Gelar Panen Pare Buhun

Banyak ragam atau khas dari berbagai sekolah di Kabupaten Sumedang, salah satunya di SMA Negeri Situraja. Setiap tahunnya, ada sebuah kegiatan yang tidak lepas dari kearifan lokalnya, seperti Panen Pare Buhun, Ngalenyepan Pituah Insun Medal yang diselenggarakan pada tanggal 29 Juli 2022 di SMA Negeri Situraja.

Kekhasan tersebut, mendukung para siswanya untuk belajar cara bercocok tanam, merawat hingga memanennya, dengan nila-nilai kebudayaannya. Penanaman padi Sipa di SMA Negeri Situraja menggunakan media tanam badeng atau ember bekas cat yang diisi dengan tanah dan pupuk.

Memanfaatkan media tersebut untuk menanam padi ini, dikembangkan SMAN Situraja sebagai strategi sekaligus edukasi kepada siswa supaya lebih kreatif dan inovatif, ditengah terus berkurangnya ketersediaan lahan pertanian di Sumedang.

Gelaran Panen Pare Buhun. Foto: Khrisna Refiaji

"Nilai filosopi yang terkandung pada Sipa diantaranya Siliwangi Pajajaran. Kita harus silih asih silih asuh silih asah dan sajajaran, tidak ada atas atau bawah. Di pertanian itu dijadikan patokan di sistem pertanian yang agar muncul, sipa-siap yang baru." Ujar Entis Sutisna

Hal tersebut merupakan kreativitas yang patut ditiru dan sangat kreatif. Ini adalah edukasi dan strategi, dimana saat ketersediaan lahan pertanian yang semakin berkurang karena tergerus oleh kepentingan lainnya. Maka harus ada langkah-langkah kreatif dan inovatif harus terus dikembangkan.

Keberhasilan SMAN Situraja dalam mengembangkan kegiatan tersebut akhirnya berhasil. Hal ini terbukti dengan diadakannya kegiatan tersebut. Semoga banyak pendidikan-pendidikan berbasis kearifan lokal lagi yah di Sumedang.

Komentar

wave
  • John Doe

    Tuti Supriatni

    Aug 01, 2022 16:21

    Kereennn 👍👍maju terus SMA Negeri Situraja....saya bangga jd alumni sekolah ini

  • John Doe

    Titin M

    Aug 01, 2022 20:47

    Alhamdulillah... amazing" maju terus penerus bangsa" sy bangga jd alumnus sma negeri situraja

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828