Sumedang Menjadi Tuan Rumah BK PON dan Kejurnas Paralayang

Pembukaan Babak kualifikasi Pra-PON XXI dan Kejurnas cabang olahraga Paralayang resmi dibuka di Kampung Toga, pada hari Sabtu, 2 September 2023. Nah, jadi untuk wargi Sumedang yang kepo di langit Sumedang banyak yang terbang, itu sedang ada kegiatan tersebut yah.

Kegiatan yang diikuti oleh 178 atlet paralayang dari 18 provinsi di seluruh Indonesia, yang berlangsung selama satu pekan lebih mulai tanggal 1 - 8 September 2023, dan tentunya untuk lokasinya tidak hanya satu titik, ada beberapa lokasi yang dijadikan sebagai pelaksanaan kegiatan paralayang; Kampung Toga untuk Akurasi, Batudua untuk Cross Country dan Taman Seribu Cahaya untuk Fun Fly.

Olahraga Paralayang yang dilaksanakan di tiga lokasi tersebut, memiliki efek multiple tidak sebatas prestasi tetapi juga untuk menggali potensi wisata dan mendongkrak perekonomian daerah. Pelaksanaan BK PON dan kejurnas ini memperebutkan 8 medali dengan nomor akurasi dan Cross Country beregu untuk BK PON. Kemudian Kejurnas ada perorangan dan beregu akurasi serta perorangan dan beregu Cross Country.

Bupati Sumedang mengatakan, sejalan dengan core bisnis Sumedang, kegiatan tersebut semakin mengukuhkan Sumedang sebagai daerah wisata dan surganya paralayang dunia. "Terlebih lagi, saat ini sarana dan prasarana pendukung yang mencakup aspek Aksesibilitas, Amenitas dan Atraksi terus dibenahi dalam menunjang ekosistem olahraga pralayang di Kabupaten Sumedang." Ujarnya.

Ketua PGPI Asgab Umar menyampaikan, cabang olahraga paralayang sebenarnya sudah ada di 27 provinsi di seluruh Indonesia, tetapi yang baru bisa mengirimkan atletnya baru 18 provinsi. "Untuk itu, provinsi yang belum memiliki atlet yang berlisensi PL-2 Mudah mudahan pada pelaksanaan PON mendatang bisa mewakili provinsinya. Itu harapan kita dalam rangka pengembangan dan pembinaan olahraga tersebut,"ujarnya.

Ketua KONI Pusat Birgjen TNI Pur.  Ahmad Saefudin menyampaikan, even yang digelar merupakan proses pembinaan yang dijalani dalam rangka pengembangan olahraga Paralayang. Dengan berlangsungnya event ini diharapkan bisa memunculkan bibit-bibit baru atlet berkualitas di Indonesia. "Saya berharap para atlet paralayang bisa meningkatkan prestasinya dan melalui event ini memunculkan atlet yang menjadi andalan Indonesia kedepannya," katanya.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828