Sumedang Pernah Dijuluki Jogja Kedua

Jika wargi Sumedang pernah melintas ke Darongdong, di Desa Buahdua Kecamatan Buahdua, pasti akan melihat Monumen Long March Siliwangi yang begitu megah, dengan relief-relief yang mengisah perjuangan dan perlawanan atas penjajah pada dinding-dindingnya.

Di Buahdua, Sumedang mempunyai sejarah yang kuat dengan Jogjakarta. Saking kuatnya ikatan sejarah yang ada, dulu Sumedang mendapat julukan Jogja Dua dalam bingkai negara NKRI. Sudah pernah mendengar sebelumnya wargi Sumedang?

Untuk mengenang peristiwa tersebut, di Darongdong dibangun sebuah monumen yang sangat megah seperti monumen Bandung Lautan Api. Kemegahan monumen tersebut terlihat kontras dengan suasana sekitarnya. 

Penasaran dong wargi Sumedang, bagaimana ceritanya Sumedang bisa disebut sebagai Jogja Dua? Baik, akan mimin akan ulas sedikit, menurut beberapa literatur. Wah, Makin Tahu Indonesia!

Dalam perjalanannya membentuk negara Indonesia sempat berubah menjadi negara Serikat yaitu Republik Indonesia Serikat (RIS). Dalam Republik Indonesia Serikat, Republik Indonesia hanya menjadi salah satu negara bagian, yang beribukota di Jogjakarta. Saat itu, 90% daerah Indonesia lain kembali jatuh ke tangan Belanda dalam bentuk negara boneka. Hanya RI yang beribukota di Yogyakarta lah yang benar-benar berdaulat.

Perubahan bentuk negara tersebut merupakan buah dari perjanjian Renville (17 Januari 1948) yang sangat merugikan Indonesia. Dikutip dari wikipedia, isi perjanjian tersebut secara garis besar adalah ;
Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatera sebagai bagian wilayah Republik Indonesia. (Ada pula sumber yang menyebutkan wilayah Republik Indonesia meliputi Yogyakarta, Surakarta, Kediri, Kedu, Madiun, sebagian keresidenan Semarang, Pekalongan, Tegal bagian selatan dan Banyumas)

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Cherie

    Mar 14, 2023 15:01

    %%

  • John Doe

    Dwain

    Mar 14, 2024 01:50

    What Is The Reason Starporn Is Right For You? Uk Pornstar (Rutelochki.Ru)

  • John Doe

    Alonzo

    Apr 04, 2024 04:20

    Who Is The World's Top Expert On Top UK Pornstars? top Uk pornstars, http://en.easypanme.com/board/bbs/board.Php?bo_table=business&wr_id=999656,

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828