Sumedang Pernah Dilanda Gempa Dahsyat Tahun 1955

Kejadian gempa bumi khususnya di Jawa Barat beberapa hari kebelakang terjadi, dari Kabupaten Cianjur, Garut, hingga Sukabumi, dan Sumedang sendiri merasakan guncangannya. Kali ini mimin akan membahas tentang gempa dahsyat yang pernah melanda Kabupaten Sumedang pada tahun 1955.

Dari surat kabar Java-Bode keluaran 18/8/1955, yang di mana surat kabar tersebut diterbitkan di Batavia, Hindia Belanda. Dalam surat kabar tersebut di kolom pertama menyebutkan judul; Sumedang zwaar geteisterd door aardbevingen, yang di mana artinya Sumedang parah terkena gempa.

Dalam surat kabar tersebut, bahwa rentetan gempa kuat melanda kota Sumedang. Guncangan pertama dirasakan pada Minggu pagi pukul 10.23 WIB dan juga paling kuat. Sebanyak sepuluh kejutan telah dilaporkan sejauh ini. Yang terakhir dihitung pada Senin pagi pukul sembilan. Sebagian besar kota Sumedang telah hancur, namun sejauh ini tidak ada korban jiwa atau luka serius yang dilaporkan, namun 200 rumah dan bangunan rusak parah atau hancur.

Menurut laporan yang tersedia Senin pagi, 38 bangunan hancur, total 133 bangunan rusak parah sehingga dindingnya retak dari atas ke bawah, dan 29 bangunan rusak ringan. Jumlah total bangunan yang terkena dampak gempa diperkirakan mencapai 200. Kantor dan tempat tinggal bupati hampir hancur total. Kantor dinas telepon roboh. Masjid rusak parah dan atapnya tidak ada penutup sama sekali. Menara bioskop rusak parah retak-retak. Kantor staf batalion setempat juga dindingnya terkelupas. 

Masih dalam surat kabar tersebut, rentetan gempa tersebut disebabkan oleh adanya aktivitas di bawah Gunung Tampomas. Pejabat dan ahli dari survey geologi berangkat ke Sumedang untuk menyelidiki keadaan. Gempa yang berulang-ulang membuat penduduk ketakutan, akibatnya masyarakat harus berani bermalam di dalam ruangan.

Nader melaporkan P.1.A.: tepat pada pukul 10.23 Minggu pagi, sebuah gempa bumi tercatat di Bandung, yang pertama dari rangkaian sepuluh getaran, semuanya tercatat oleh Badan Geologi. menunjukkan bahwa pusat gempa berada sekitar lima puluh kilometer sebelah timur Bandung._ 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828