Tentang Adanya Mitos Buaya Putih dan Keuyeup Bodas di Jatigede

Siapa sangka, beberapa titik di kawasan Jatigede yang indah tersebut, dengan ramainya para pengunjung setiap harinya dibeberapa tempat wisata di sana, ada sebuah mitos-mitos yang beredar di masyarakat di sana.

Mitos Jatigede adalah mitos yang berkembang dan beredar di masyarakat Desa Cipaku, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang. Mitos tersebut berasal dari cerita leluhur Sumedang yang berkaitan dengan wilayah Jatigede yang terdapat di Sumedang. 

Agar Makin Tahu Indonesia dari berbagai daerahnya, dengan ragam budayanya, simak yuk!

Saat ini, Waduk Jatigede banyak yang mendatanginya, beberapa titik dengan keindahannya dan tempat wisata. Semenjak pembangunan waduk tersebut banyak cerita-cerita yang beredar di kawasan Darmaraja itu yang kemudian disebut mitos ada kaitannya dengan pembangunan waduk itu.

Mitos-mitos tersebut dan pandangan beberapa orang, mereka beranggapan bahwa salah satu penyebab tersendatnya pembangunan waduk Jatigede dulu, adalah adanya mitos-mitos tersebut yang diyakini kebenarannya oleh masyarakat.

Cerita-cerita yang beredar di masyarakat Desa Cipaku, Kecamatan Darmaraja khususnya, seperti cerita tentang Babon Darmaraja, Cerita tentang Buaya Putih dan Keuyeup Bodas  dan cerita tentang Uga. Ketiga jenis mitos tersebut pada dasarnya menerangkan kelak Sumedang hanya tinggal sebuah nama karena tanah Sumedang akan tergenangi air.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828