Tentang Budak Angon Dalam Uga Wangsit Siliwangi (1)

Tentunya pernah mendengar tentang Budak Angon dong wargi Sumedang? Ada beberapa versi mengenai tentang Budak Angon ini, dan tentunya penasaran juga dong tentang siapakah sosok Budak Angon ini, dari mana sosok Budak Angon ini. 

Pembahasan kali ini mimin hanya mengikuti apa yang telah disampaikan oleh Prabu Siliwangi dalam Uga Wangsit-nya. Mungkin dengannya nanti bisa membantu siapapun yang memiliki rasa penasaran selama ini, khususnya tentang siapakah sosok Budak Angon tersebut.

Berikut ini petikan kalimat dari Uga Wangsit Prabu Siliwangi-nya:

“…. Ti dinya loba nu ribut, ti dapur laju salembur, ti lembur jadi sanagara! Nu barodo jaradi gélo marantuan nu garelut, dikokolotan ku budak buncireung! Matakna garelut? Marebutkeun warisan. Nu hawek hayang loba; nu boga hak marénta bagianana. Ngan nu aréling caricing. Arinyana mah ngalalajoan. Tapi kabarérang.”

Artinya: Di situ akan banyak huru-hara, yang bermula di satu daerah semakin lama semakin besar meluas di seluruh negara. Yang tidak tahu menjadi gila dan ikut-ikutan menyerobot dan bertengkar, dipimpin oleh pemuda gendut! Sebabnya bertengkar? memperebutkan tanah. Yang sudah punya ingin lebih, yang berhak meminta bagiannya. Hanya yang sadar pada diam, mereka hanya menonton tapi tetap terbawa-bawa.

Catatan: Hal ini sudah mulai terjadi dan akan lebih parah di masa yang akan datang.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    azeqibufihec

    Mar 29, 2023 20:50

    http://slkjfdf.net/ - Emacoaf <a href="http://slkjfdf.net/">Uwidiqd</a> ktp.eyag.inimahsumedang.com.rkq.vb http://slkjfdf.net/

  • John Doe

    iditobib

    Mar 29, 2023 21:12

    http://slkjfdf.net/ - Akeyofuji <a href="http://slkjfdf.net/">Egefef</a> ofn.hmlc.inimahsumedang.com.ldk.tn http://slkjfdf.net/

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828