Ternak di Sumedang Hati-hati dengan Penyebaran Avian Influenza

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang kini memperketat lalu lintas ternak yang akan masuk dan keluar Sumedang. Hewan ternak dipastikan harus mengantongi surat sehat untuk menghindari penyebaran Avian Influenza (AI) yang menyerang unggas.

Avian influenza (AI) atau Penyakit flu burung merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza yang menyerang burung/unggas/ayam. Salah satu tipe yang perlu diwaspadai adalah yang disebabkan oleh virus influenza dengan kode genetik H5N1 yang selain dapat menular dari burung ke burung ternyata dapat pula menular dari burung ke manusia. Penyakit pada hewan ini disebabkan virus flu burung tipe A.

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang, Nandang Suparman, upaya antisipasi ini penting dilakukan karena beberapa daerah di Jawa Barat sudah ada yang mulai terserang AI H5N1. Meski demikian, pihak Diskanak Sumedang belum menerima laporan terkait adanya serangan AI di wilayah Sumedang. 

"Tentunya kami berharap AI tak masuk wilayah Sumedang, karena ini akan merugikan peternak yang berdampak pada menurunnya pendapatan peternak," jelasnya.

Sementara itu sebagai upaya antisipasi, pihaknya juga telah mengimbau kepada peternak untuk tetap menjaga kebersihan sekitar kandang dan melakukan penyemprotan dengan desinfektan.

Selain itu mengimbau kepada masyarakat bila ditemukan unggas yang mati secara mendadak untuk segera melapor agar dapat cepat diambil tindakan.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828