Kadedemes, Olahan Kulit Singkong Khas Sumedang yang Lezat

Ngomongin soal kuliner di Sumedang, mungkin yang akan langsung terlintas yaitu, tahu khas Sumedang. Padahal di Sumedang juga masih banyak makanan lain yang tak kalah lezat, yaitu kadedemes. Tahu wargi Sumedang?

Sebelum lanjut, silakan tulis di kolom komentar yah, di daerah wargi Sumedang, apakah masih ada yang membuat kadedemes? 

Kadedemes merupakan makanan khas Sumedang Jawa Barat yang berupa oseng-oseng kulit singkong. Seperti namanya, sudah jelas bahwa makanan ini dibuat dari olahan kulit singkong yang dicampur dengan bumbu dan dijadikan bahan utama dalam suatu hidangan. 

Jenis singkong yang dipakai untuk membuat kadedemes adalah ubi kayu atau ketela pohon. Biasanya, orang akan membuang kulit singkong setelah dikupas. Namun, di Sumedang kulit singkong dapat diolah menjadi masakan yang bercita rasa enak. 

Tunggu dulu, wargi Sumedang jangan salah ya, yang diolah menjadi kadedemes ini adalah bagian dalam singkong yang berwarna putih atau merah muda, bukan kulit bagian luarnya ya, Makin Tahu Indonesia saja ya.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Sunda, kata kadedemes berarti 'ngarasa lebar kubarang anu ku baturmah biasa tara diarah'. Artinya adalah 'merasa sayang pada barang yang oleh orang lain biasanya sudah tidak dimanfaatkan lagi atau dibuang'. Hal ini dapat dilihat dari asal-usul kadedemes yang memang dibuat dari bahan sisa berupa kulit singkong.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Nam

    Sep 11, 2022 16:38

    I am reցular visitor, how are you everybody? This post posteɗ at this website іs really fastidious.

  • John Doe

    Elizbeth

    Sep 28, 2022 23:28

    Very quickly thiѕ site will be famous amіd all blogging users, due to it's nice posts

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828