Komunitas Katapel Sumedang: Mengenalkan Kembali Permainan Tradisional

Cung yang waktu kecil atau saat ini masih suka main katapel!
Mungkin saat ini, permainan katapel sudah jarang dimainkan anak-anak masa kini, terutama di daerah perkotaan. Jarang menemukan anak-anak yang berburu dan berlari-larian memainkan katapel. Padahal permainan ini sangat seru dimainkan dan membuat anak lebih aktif bergerak bersama teman-temannya di luar rumah.

Jika wargi Sumedang ingin tahu, bahwa katapel dapat membuat seorang anak memiliki rasa kepekaan, dan wawasan tinggi terhadap lingkungan sekitarnya. Mereka mengenal lebih baik alam di sekitar tempat tinggal mereka. Tidak heran kalau anak-anak 1990-an lebih lama berada di luar rumah, karena bermain lebih seru dengan teman-teman seumuran mereka.

Komunitas Katapel Sumedang, latihan bareng. Foto: Agung

Nah di Sumedang, ternyata ada Komunitas Katapel Sumedang loh! Komunitas tersebut diinisiasi oleh enam orang yang hobi bermain katapel. "Beberapa daerah kota/kabupaten lain sudah ada komunitas katapel. Komunitas katapel ini berdiri pada bulan Maret 2021, baru setahun." Ujar Agung a.k.a Monel salah satu pendiri komunitas katapel di Sumedang.

"Sebetulnya banyak juga sih perorangan yang suka bermain katapel dari dulu, yang sekarang menjadi para pendiri komunitas katapel Sumedang, selain itu juga membuat katapel sendiri dan malah sekarang ikut dibeberapa ajang perlombaan katapel." Tambah Agung.

Anak-anak yang memainkan permainan tradisional katapel bisa berlatih ketangkasan dan konsentrasi. Fokus membidik satu sasaran.  Tidak ada salahnya tetap mengenalkan dan memberikan edukasi permainan tradisional.

Permainan tradisional katapel adalah mainan sederhana yang berbentuk huruf Y. Pada bagian atas (kanan dan kirinya) diikat dengan karet dan ditengahnya dipilin dengan sebuah kulit sebagai tempat peluru yang akan dilontarkan.

Katapel yang dibuat oleh Komunitas Katapel Sumedang. Foto: Agung

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Winnie

    Jul 20, 2022 13:23

    Just want to say your ɑrticle іs as amazing. The clearness for your submit iѕ simply cool and i could suppoѕe you are a professіonal on this subject. Well with your pеrmission let me to take hold of your RSS feed to keep up to date with ϲoming near ne

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828